Breaking

Saturday, November 13, 2021

Big Gathering is Our Style



Pekalongan, 10 November 2021


Himpunan Mahasiswa Jurusan Tadris Bahasa Inggris melaksanakan acara PKD (Pelatihan Kepemimpinan Dasar) & PKL (Pelatihan Kader Lanjutan). Acara ini biasa disebut sebagai BIG GATHERING yang diadakan setiap tahun dengan materi yang menarik dan PKD tahun ini mengususng tema “Together to be Better” dan terdiri dari beberapa materi, yaitu Analisis Diri dan Kepemimpinan, Public Speaking dan Desain yang diisi oleh beberapa narasumber, yaitu M. Arfan Sa'idi, Faza Kekal Insani, serta anggota Departemen Jurnalistik HMJ TBIG.


Acara dimulai pada pukul 08.30 di ruang 2.08 secara offline dan dihadiri oleh 77 peserta. Urutan acara PKD dimulai dengan pembukaan oleh MC dan moderator. Kemudian sambutan dari Wakil Kepala Jurusan TBIG, Ibu Eros Meilina Sofa, M. Pd.


Berlanjut materi yang pertama yaitu “Analisis Diri dan Kepemimpinan” dengan pemateri M. Arfan Sa'idi. Isi materi yang disampaikan yaitu mencari jati diri maupun skill yang dimilki. Hal ini tentu perlu kita tingkatkan maupun kembangkan, karena hal tersebut sangat penting dalam kehidupan. Namun, bukan hal yang mudah dalam mengembangkan maupun mencari bakat yang dimiliki. Beberapa kendala dalam diri kita, sering kita jumpai. Seperti halnya belum mengetahui skill seperti apa yang dimiliki, banyak  masyarakat, pelajar, maupun pekerja belum memahami keahlian atau skill yang dimiliki. Pengenalan diri tentu harus kita pahami, baik secara individu maupun masyarakat.


Leadership merupakan suatu proses mempengaruhi orang lain untuk mencapai yang telah ditetapkan. Leadership skills yaitu kemampuan seseorang untuk menginspirasi orang lain. Tujuan dari kepemimpinan yaitu agar dapat tercapai tujuan atau memotivasi.


Lalu dilanjutkan materi tambahan yang menarik tentang “Desain”  dengan pemateri Anggota Departemen Jurnalistik HMJ TBIG IAIN Pekalongan. Dalam materi tersebut peserta dibimbing untuk mendesain poster dengan aplikasi Adobe Photoshop.


Pada hari kedua acara langsung masuk pada materi "Public speaking" dengan pemateri Faza Kekal Insani. Materi tersebut memiliki inti yaitu Public Speaking adalah sebuah cara komunikasi untuk menyampaikan pesan atau informasi di depan khalayak atau sekelompok orang. Umumnya, public speaking bertujuan untuk menyampaikan berbagai informasi, menghibur orang, dan juga mengajak atau mempengaruhi khalayak ramai. Public speaking penting karena dapat membantu untuk meningkatkan keterampilan kita dalam berbicara dan membangun rasa kepercayaan diri. Itulah beberapa alasan pentingnya public speaking sebagai skill yang harus kita asah.


Setelah semua materi selesai, tidak lupa dengan FGD (Forum Group Discussion) yang diarahkan langsung oleh DEMA FTIK. Diskusi ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pengamatan dan praktik tentang materi yang sudah disampaikan pada hari pertama maupun kedua.




Satu minggu setelah PKD dilaksanakan, Himpunan mahasiswa jurusan Tadris Bahasa Inggris mengadakan acara PKL (Pelatihan Kader Lanjutan), dengan nama kegiatan Big Gathering The Next Level pada tanggal 29-30 Oktober 2021. Acara ini dibagi menjadi 2 konsep, yaitu secara online yang dilaksanakan melalui aplikasi Zoom Meeting dan secara offline.

Rangkaian kegiatan di hari pertama seperti biasa menyanyikan lagu kemudian sambutan dan masuk ke materi. Materi yang pertama dibawakan oleh Kak Tasya Puspa Maharani dengan materi "Kepemimpinan dan Manajemen Berorganisasi". Kemudian masuk materi kedua "Analisis Media" dengan pembicara Kak Rintis Mulyani, S.Pd. Lalu materi ketiga "Moderasi Beragama" yang dibawakan oleh Kak Rahmah Rasyidah Lc.Dipl. Kemudian materi keempat "Advokasi" oleh Kak Miya Amalia yang kebetulan beliau adalah alumni HMJ Tadris Bahasa Inggris di IAIN Pekalongan.


Memasuki hari ke 2 offline yang dilaksanakan di desa Kepatihan, Kecamatan Wiradesa dengan rangkaian 1 materi "Mahasiswa dan Sosial Akademik" oleh Kak Feri Prasetio, S.Pd. Selanjutnya masuk ke acara terakhir FGD (Forum Group Discussion) yang dipimpin oleh Kak Anim Falahudin, beliau adalah demisioner mantan ketua HMJ Tadris Bahasa Inggris 2019 dan sekarang menjabat sebagai salah satu anggota DEMA FTIK.




No comments:

Post a Comment

document.getElementById("blog js-powrMark pad-m pad-top-l powrMark text-center").style.display = "none"