Breaking

Sunday, May 3, 2020

Other Ways to Say "Thank You" in Different Occasion


Dalam mempelajari sebuah bahasa, setidaknya ada tiga kata yang harus selalu kamu ingat ketika berbicara dengan orang lain, yakni kata maaf, tolong dan juga kata Terima kasih. Nah, ketiga kata tersebut sangatlah penting buat kamu hafalin dan pahami, karena selain sebagai bentuk kata yang bakal cukup sering diucapkan kata ini juga menjadi modal dasar dalam tata krama loh.

Nah, kali ini kami mau menjelaskan tentang kata Terima kasih. Kata tersebut biasanya digunakan sehabis kita meminta tolong, atau mendapatkan sesuatu. Di dalam belajar bahasa Inggris sendiri, ternyata untuk mengucapkan Terima kasih ada cara yang berbeda-beda loh berdasarkan situasi yang terjadi saat itu. Penasaran? Yuk simak ulasannya di bawah ini...

Setidaknya, ada 10 frase atau kata yang bisa kamu gunain nih buat ngucapin terima kasih dalam bahasa Inggris.

1. Thanks a lot, Thanks very much, Thank you very much, dan Thank you so much

Pasti banyak dari Anda yang sudah familiar dengan pengucapan Terima kasih dalam bahasa Inggris di atas. Frasa di atas bisa digunakan untuk mengucapkan terima kasih dengan sopan. Kata-kata diatas merupakan kata-kata yang umum di ucapkan dalam mengucapkan Terima kasih dalam bahasa Inggris.

Contoh kalimat:

Thanks a lot for make me happy.

Thanks very much for help me do this homework.

Thank you very much for bring my bag.

Thank you so much for believing what I said.

2. Much Obliged

Kata “much obliged” digunakan pada situasi formal untuk seseorang yang telah membantu Anda. Artinya kurang lebih sama seperti Thank you so much.

Contoh dalam kalimat:

Tony told Anton that he was much obliged for Anton teamwork.

I’m much obliged for your help all this time.

She was much obliged when you decided to come back and pick her up.

3. Cheers

Cheers merupakan ungkapan terima kasih kepada seseorang dan sering digunakan dalam British English seperti di Inggris dan Australia. Cheers digunakan secara informal, jadi pastikan jangan gunakan cheers untuk orang yang belum Anda kenal dengan baik.

Contoh penggunaan kata cheers dalam sebuah kalimat:

A: You can take the fruit as many as you want.

B: Oh ya, cheers.

4. Many Thanks

Dalam email ataupun surat, ungkapan “many thanks” dapat digunakan untuk mengucapkan Terima kasih dengan cara atau bahasa yang lebih formal.

Contoh:

Many thanks for your attention.

Many thanks for the letter you give me.

5. You’ve saved my life + I owe you one/I owe you big time

Kata ini bisa Anda ucapkan untuk mengatakan Terima kasih kepada teman atau rekan dekat Anda. Karena ucapan ini lebih bersifat informal sehingga lebih cocok jika di ucapkan untuk teman Anda. Walaupun demikian, ucapan ini juga dapat Anda ucapkan untuk seseorang yang telah menolong Anda.

Contoh kalimat:

You have saved my life because you bring the key! I owe you big time.

I don’t know what will happen if you don’t come right on time. You’ve saved my life, I owe you all my life.

6. Thanks a bunch

Sama seperti you’ve saved my life, thanks a bunch bisanya diucapkan untuk teman Anda, atau dengan kata lain untuk situasi yang tidak terlalu formal. Nah selain untuk mengucapkan terima kasih, rupanya kata thanks a bunch juga sering digunakan untuk menyindir seseorang.

Untuk lebih jelasnya bisa lihat contoh kalimatnya di bawah ini:

Hey thanks a bunch for giving me this food. (thanks a bunch sebagai ucapan terima kasih)

Thanks a bunch for messing up my kitchen! (thanks a bunch sebagai sebuah sindiran, kalimat ini memiliki arti “Terima kasih banyak sudah mengacak-acak dapur saya.”)

7. That’s a very kind of you

Ucapan Terima kasih ini bisa digunakan untuk situasi yang formal. Arti dari kata ini adalah “Kamu baik sekali.” Contoh penggunaannya dalam kalimat adalah:

That’s a very kind of you for saying that. You made my day.

Hi, that’s a very kind of you for doing that. You helped me.

8. I am (extremely) grateful for…

Sama seperti ucapan sebelumnya, ucapan Terima kasih dalam bentuk ini juga dapat digunakan dalam situasi yang formal. Biasanya ucapan ini digunakan di sebuah pidato. Contohnya:

I am incredibly grateful for your support to come here today.

I am extremely grateful for having a team like you all.

9. Thanks in advance / Thank you beforehand

Ucapan Terima kasih ini biasanya digunakan untuk berterima kasih saat Anda meminta tolong kepada seseorangnya. Jika di dalam bahasa Indonesia, kata ini berarti “Terima kasih sebelumnya.” Untuk lebih jelasnya, lihat contoh di bawah ini:

Hey, can you help me bring those book inside? Thank you beforehand.

Andri, can you buy me some food on your way here? Thank you in advance.

10. I (greatly) appreciate…

Sama seperti I am grateful, ucapan satu ini juga biasanya di gunakan di sebuah pidato atau ucapan Terima kasih. Dalam bahasa Indonesia, kata ini memiliki arti “saya sangat berterima kasih” atau “saya menghargai Anda atas…” Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat contoh dibawah ini:

I appreciate your help. Thank you so much.

I do appreciate you for being a good leader to us and helps us grow positively.

Itu lah dia beberapa cara buat ngucapin Terima kasih dalam bahasa Inggris. Nah setelah membaca artikel ini, sekarang nggak jamannya lagi terima kasih cuma pake Thank you...

source: ef.co.id
(A_M)

No comments:

Post a Comment