Breaking

Friday, April 17, 2020

9 Types Of Human Intelligence, Which Type Are You?

Tahukah kamu, ternyata kecerdasan manusia ada beberapa tipe, lho. Beragamnya kecerdasan manusia ini disebut dengan multiple intelligences. Lalu, apa saja sih tipe kecerdasan manusia yang perlu kamu tahu? Biar lebih paham, langsung yuk simak ulasan di bawah ini!

Menurut Howard Gardner, seorang psikolog terkemuka dari Universitas Harvard, kecerdasan manusia dibagi dalam sembilan kategori, yakni:

1. Kecerdasan linguistik (verbal-linguistic)

Seseorang dengan kecerdasan linguistik (Unsplash/@austindistel)
Seseorang dengan kecerdasan linguistik cenderung pandai mengolah kata-kata saat berbicara maupun menulis. Biasanya, orang tipe ini gemar mengisi TTS, bermain scrabble, membaca, dan bisa mengartikan bahasa tulisan dengan jelas. Bagi individu dengan kecerdasan linguistik, maka pekerjaan yang cocok adalah jurnalis, penyair, atau pengacara.

2. Kecerdasan matematik atau logika (logical-mathematical)

Seseorang dengan kecerdasan matematik (Unsplash/@kellysikkema)
Tipe kecerdasan ini adalah orang yang memiliki kemampuan dalam hal mengolah angka dan logika. Mereka mudah membuat klasifikasi/kategorisasi, berpikir dalam pola sebab-akibat, menciptakan hipotesis, dan pandangan hidupnya bersifat rasional. Pekerjaan yang cocok bagi individu yang memiliki kecerdasan matematik atau logika adalah ilmuwan, akuntan, atau progammer.

3. Kecerdasan spasial (visual-spatial)


Seseorang dengan kecerdasan spasial (Pexels/Andrea Piacquadio)
Mereka yang termasuk ke dalam tipe kecerdasan ini punya kepekaan tajam untuk visual, keseimbangan, warna, garis, bentuk, dan ruang. Selain itu, mereka juga pandai membuat sketsa ide dengan jelas. Pekerjaan yang cocok untuk tipe kecerdasan ini adalah arsitek, fotografer, desainer, pilot, atau insinyur.

4. Kecerdasan kinetik dan jasmani (bodily-kinesthetic)


Seorang atlet dengan kecerdasan kinetik dan jasmani (Pixabay)
Orang tipe ini mampu mengekspresikan gagasan dan perasaan. Mereka menyukai olahraga dan berbagai kegiatan yang mengandalkan fisik. Pekerjaan yang cocok untuk seseorang dengan kecerdasan kinetik dan jasmani adalah atlet, pengrajin, montir, dan penjahit.

5. Kecerdasan musikal (music-rhythmic and harmonic)


Seorang penyanyi dengan kecerdasan musikal (Unsplash/@elishavision)
Mereka yang termasuk ke dalam tipe ini mampu mengembangkan, mengekspresikan, serta menikmati bentuk musik dan suara. Ciri-ciri orang dengan kecerdasan musikal yaitu suka bersiul, mudah menghafal nada lagu yang baru didengar, menguasai alat musik tertentu, peka terhadap suara sumbang, dan gemar bekerja sambil bernyanyi. Adapun pekerjaan yang cocok untuk mereka adalah penyanyi, pencipta lagu, dan komposer musik.

6. Kecerdasan interpersonal (people-smart)

Seseorang dengan kecerdasan interpersonal (Pexels/mentatdgt)
Orang yang memiliki kecerdasan interpersonal biasanya mengerti dan peka terhadap perasaan, intensi, motivasi, watak, dan temperamen orang lain. Selain itu, mereka juga mampu menjalin kontak mata dengan baik, menghadapi orang lain dengan penuh perhatian, dan mendorong orang lain mengutarakan pemikirannya. Dalam berkarier, pekerjaan yang cocok untuk orang tipe ini seperti networker, negosiator, guru, dan pelatih.

7. Kecerdasan intrapersonal (self-smart)


Seorang konselor dengan kecerdasan intrapersonal (Pexels/mentatdgt)
Selanjutnya, ada pula jenis kecerdasan manusia yang disebut intrapersonal intelligence atau kecerdasan intrapersonal. Seseorang dengan tipe kecerdasan ini memiliki kemampuan dalam mengenal diri sendiri secara utuh, serta mampu bertindak secara adaptif sesuai keselarasan dengan dirinya. Ciri-ciri orang tipe ini yaitu suka bekerja sendiri, cenderung cuek, sering mengintropeksi diri, serta mengerti kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya. Pada umumnya, pekerjaan yang cocok untuk mereka geluti seperti konselor atau teolog.

8. Kecerdasan naturalis (naturalistic)


Seseorang dengan kecerdasan naturalis (Pexels/Immortal shots)
Individu yang memiliki tipe kecerdasan ini tahu betul bagaimana memahami, menikmati alam, dan menggunakannya secara produktif. Ciri-ciri orang dengan kecerdasan naturalis bisa dilihat dari caranya mencintai lingkungan, mengenali sifat dan tingkah laku hewan, dan senang melakukan kegiatan di luar/alam. Kecerdasan naturalis biasanya dimiliki oleh para petani, nelayan, pendaki, dan pemburu.

9. Kecerdasan Eksistensial


Seseorang dengan kecerdasan eksistensial (all-about-psychology.com)
Kecerdasan eksistensial juga termasuk salah satu tipe kecerdasan manusia yang lebih berhubungan pada kemampuan memahami dan mengetahui sisi lain dari kehidupan. Dalam arti, individu yang memiliki kecerdasan eksistensial cenderung peka dengan persoalan arti hidup, kematian, dan segala macam hal tentang proses alam semesta. Umumnya, kecerdasan eksistensial ini banyak dimiliki oleh para psikolog.

Nah, itulah tadi beberapa tipe kecerdasan manusia. Kalau kamu sendiri, cenderung memiliki tipe kecerdasan yang mana nih?

source: indozone.id
(A_M)

No comments:

Post a Comment