Breaking

Tuesday, March 3, 2020

Journalism and Graphic Design Class from DEMA FTIK

Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) mengadakan kegiatan “Sekolah Jurnalistik dan Desain Grafis” dengan mengusung tema "Pengembangan Jurnalistik yang Kreatif, Inovatif untuk FTIK Maju Jaya" yang bertempat di Ruang Meeting Lantai 1, Gedung FTIK Kampus II, Rowolaku, Kajen. Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari, yakni Sabtu (29/2) untuk Jurnalistik dan Minggu (1/3) untuk Desain Grafis. Kegiatan ini sendiri diikuti oleh perwakilan dari setiap Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) yang ada di FTIK. 

Pemateri yang mengisi pada kegiatan hari Sabtu adalah Muhammad Arsyad, yang merupakan mahasiswa Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) sekaligus jurnalis berpengalaman di Pekalongan. Sedangkan pemateri pada hari Minggu adalah Dita Nabila, A. Md, seorang alumni IAIN Pekalongan yang berprofesi sebagai desainer grafis.. 

Susunan acara kegiatan Sekolah Jurnalistik dan Desain grafis yang pertama adalah pembukaan. Kegiatan dibuka dengan sambutan dari ketua kegiatan dan ketua Dema FTIK yang dilanjutkan dengan pembacaan doa serta menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne IAIN Pekalongan. 

Acara yang kedua di hari pertama ini adalah inti dari kegiatan yang mana diisi dengan penyampaian materi dari narasumber. Materi yang disampaikan seputar ilmu jurnalistik. Pada kegiatan ini, mahasiswa tidak hanya mendengarkan materi tetapi mahasiswa ikut serta untuk praktik membuat lead berita sekaligus membedakan berita hoax dan berita yang benar. 

"Loyalitas menurut konteks jurnalistik adalah loyal kepada masyarakat, mahasiswa, atau organisasi yang sedang kalian ikuti. Jika kalian dalam lingkup organisasi HMJ, maka kalian harus membela kepentingan HMJ tersebut. Membuat berita harus didasarkan pada data-data relevan yang bisa diperoleh dengan cara observasi dan wawancara. Berita harus di kemas dengan semenarik mungkin agar dapat memikat para pembacanya," sedikit kutipan dari Arsyad soal jurnalistik. 

Dalam sesi tersebut peserta juga diajak praktik membuat lead berita yang kemudian diberi komentar dan tanggapan dari pemateri. Tanggapan tersebut bertujuan agar mahasiswa memperoleh perbaikan dan saran sehingga pada saat menulis berita mereka sudah mendapat bekal yang lebih baik. Acara lalu ditutup dan kegiatan tersebut diakhiri dengan foto bersama. 

Di hari kedua susunan acara tak jauh berbeda, namun materi yang disampaikan adalah tentang desain grafis yang disampaikan oleh Dita Nabila. Sama seperti pada hari pertama, pemateri menyampaikan materinya kemudian dilanjut dengan praktik membuat desain poster. Bila ada yang merasa kesulitan, di sini pemateri dengan senang hati memberikan arahan dan bantuan kepada para peserta. 
Menariknya, di akhir sesi hasil desain dari para peserta dikumpulkan dan dipilih salah satu untuk kemudian mendapatkan hadiah berupa bingkisan dari panitia. Setelahnya, acara ditutup dengan sesi foto bersama.

(Destia/Mahfud)

No comments:

Post a Comment