Breaking

Monday, March 9, 2020

How to Increase Your English Vocabulary?

Bagaimana Cara Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Anda?

Dalam mempelajari sebuah bahasa kita tidak akan lepas dari yang namanya kosa kata atau vocabulary, karena sebuah bahasa terbentuk dari banyak sekali kosa kata, termasuk bahasa Inggris tentunya.

Seorang ahli bahasa dari Inggris David Wilkins mengatakan bahwa:

While without grammar little can be conveyed, without vocabulary nothing can be conveyed

“Tanpa grammar, hanya sedikit yang bisa disampaikan, sedangkan tanpa vocabulary tak ada apapun yang bisa disampaikan”.

Di atas sudah dijelaskan bahwa vocabulary sangatlah penting untuk dipelajari dan dikuasai ketika ingin meningkatkan level berbahasa Inggris kita. Nah, di sini kami ingin memberikan beberapa tips yang bisa mempermudah kalian untuk bisa menguasai vocabulary sebanyak mungkin.

1. Perbanyak membaca bacaan yang berbahasa Inggris

Membiasakan diri dengan membaca terutama membaca bacaan berbahasa Inggris dari sumber-sumber online yang ada di internet seperti artikel, short story , buku cerita berbahasa Inggris untuk anak-anak dan yang lainnya secara tidak langsung mampu meningkatkan penguasaan vocabulary. Ketika membaca dan tidak tau artinya kita bisa menggaris bawahi atau melingkari kata tersebut kemudian coba tebak artinya melalui konteks kalimat yang ada dan vocabulary yang lainnya, kita juga bisa mencari artinya lewat kamus online maupun offline.

2. Buat buku khusus daftar vocabulary

Untuk mempermudah menghafal dan mengembangkan penguasaan vocabulary buatlah buku khusus vocabulary. Tulislah kata yang tidak diketahui ketika membaca sebuah bacaan berbahasa inggris. Dalam menuliskan vocabulary baru didalam buku sertakan makna dalam bahasa Indonesia, dan coba buatlah contoh kalimat dari vocabulary tersebut untuk mempermudah dalam menghafal.

Contohnya :

Vocabulary

Meaning
Sample
Borrow
Meminjam
You can borrow this novel Min the library
Lend
Meminjamkan/meminjami
They will lend me math book tomorrow

3. Mengucapkan vocabulary yang didapat dengan pronunciation yang tepat

Selain dibaca dan ditulis vocabulary juga harus diucapkan dan didengarkan agar kita benar-benar menguasai vocabulary tersebut. Kita bisa mengecek pelafalannya melalui kamus online maupun offline. Pronunciation atau pelafalan merupakan salah satu hal yang penting dalam belajar vocabulary, karena itu bisa membuat kita lebih paham mengenai vocabulary yang ingin dihafalkan.

4. Mendengarkan musik berbahasa Inggris

Musik merupakan salah satu cara yang paling mudah dilakukan dalam meningkatkan vocabulary. Mendengarkan music selain bisa melatih pendengaran dan pronunciation juga bisa menambah vocabulary baru. Ketika kita ingin menghafal lagu baru kita akan mencari lirik lagu tersebut di internet dan menghafalkannya. Secara otomatis kita juga akan mencari tahu arti lagu tersebut dari liriknya. Kita cenderung mudah mengingat ketika sudah menyanyikan lagu tersebut karena sudah terbiasa dengan liriknya.

5. Menonton film berbahasa Inggris

Meningkatkan vocabulary dengan menonton film berbahasa inggris ataupun film dengan subtitle bahasa inggris bisa dilakukan dengan mencatat kosakata yang kita tidak ketahui maknanya maupun kosakata baru yang menarik menurut kita. Kita bisa menambahkan kosakata tersebut ke buku khusus vocabulary yang sudah dibuat. Melalui percakapan dari para tokoh di film kita jadi bisa lebih memahami kosakata baru yang kita dapat.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan dan mengembangkan penguasaan vocabulary kita. Dwayne Johnson mengatakan “Success isn’t always about greatness, it’s about consistency. Consistent hard work leads to success, greatness will come”

Jadi kuncinya jika kita ingin benar-benar belajar bahasa inggris dan meningkatkan vocabulary kita harus konsisten dalam menjalani prosesnya. Hargai setiap progress sebagai salah satu bentuk apresiasi diri. Semangat!

(Mida)

1 comment: