Breaking

Tuesday, January 28, 2020

Build The Unity, ESA of IAIN Pekalongan 2020 Held "Makrab & Pra-Raker"



Makrab atau malam akrab ini adalah kegiatan tahunan setelah terpilihnya anggota-anggota baru dari HMJ Tadris Bahasa Inggris, sedangkan Pra-raker adalah rancangan kerjaan setiap departemen sebelum disahkan. Acara makrab ini dilaksanakan pada hari Jum'at-sabtu, tanggal 24-25 Januari 2020 bertempat di Pagilaran dengan menggunakan tema "Unity for Success TBIG". Makrab ini dimulai pada pukul setengah lima sore yang dimulai dengan acara pembukaan. Acara pembukaan ini dibawa oleh syafiq selaku pembawa acara.

Acara ini diawali dengan membaca al-fatihah dan dilanjut sambutan-sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh ketua OC yaitu Yusuf, kemudian sambutan kedua disampaikan oleh Bu Dewi Puspitasari selaku Kepala Jurusan Tadris Bahasa Inggris. Namun pada Pak Khobir masih berhalangan hadir untuk menghadiri makrab karena beliau ada halangan untuk menghadirinya. Dan terakhir ditutup dengan membaca doa yang disampaikan oleh M. In'am.

Selanjutnya adalah penyampaian materi Administrasi yang disampaikan oleh Kamilia. Acara ini dimulai pada pukul lima seperempat. Acara tersebut berlangsung selama satu jam, lima.belas menit terakhir digunakan untuk tanya jawab. Tepat setengah tujuh malam dilanjut dengan Ishoma, Istirahat, Sholat, dan makan hingga pukul setengah delapan. Acara selanjutnya yaitu penyampaian materi kedua yang disampaikan oleh M. Heru Sunarko. Pemateri kali menyampaikan materi tentang Leadership dan selesai hingga jam sembilan. Setelah materi selesai dilanjut acara inti yaitu malam keakraban. 

Pada malam keakraban ini semua anggota memperkenalkan diri dimulai dengan nama, tempat tinggal, dan jabatan di departemen tersebut. Malam akrab didatangi oleh para demisioner. Demisioner adalah anggota HMJ tahun lalu yang sudah berpengalaman dalam melaksanakan program kerja. Para demisioner saling sharing kepada anggota barunya dan tanya-jawab agar terciptanya malam yang lebih akrab. Dan acara tersebut selesai jam sebelas dan dilanjut bakar-bakar. Setelah itu dilanjut istirahat.

Acara selanjutnya dimulai pukul lima pagi. para peserta melakukan ishoma. istirahat kali ini para anggota menikmati pemandangan kebun teh yang ada di Pagilaran tersebut. Setelah itu, dilanjut dengan Pra-raker pada pukul setengah delapan pagi. 

Pada acara ini, Syafiq selaku pembawa acara memberikan waktu 30 menit untuk diskusi setiap departemen yang tujuannya untuk memantapkan rancangan kerjanya sebelum dipresentasikan. Acara tersebut berakhir pada pukul dua belas. Acara pun selesai, kemudian seluruh anggota membersihkan tempat tersebut sambil packing dan para anggota pun diperbolehkan untuk pulang dari acara tersebut.

(Henida)

No comments:

Post a Comment