Breaking

Monday, May 13, 2019

Share The Goodness of Ramadan by Doing "Pesantren Kilat"


Himpunan Mahasiswa Jurusan Tadris Bahasa Inggris (HMJ TBIG) IAIN Pekalongan memanfaatkan bulan Ramadan 1440 Hijriyah untuk melakukan kegiatan keagamaan di masyarakat yang berupa pelaksanaan Pesantren Kilat. Kegiatan ini bekerjasama pula dengan Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) di desa Wonokerto, Wiradesa, Kabupaten Pekalongan.


Kegiatan yang berlangsung di Masjid Al-Falah Wonokerto telah dilaksanakan selama 3 hari yakni 5-7 Ramadhan 1440 Hijriyah atau tepatnya pada 10-12 Mei 2019. Kegiatan dimulai setelah salat Ashar dan diakhiri dengan buka bersama serta kemudian salat magrib berjamaah. Sebanyak 60 anak-anak usia lima sampai dua belas tahun mengikuti kegiatan ini. Mereka berasal dari sekitar desa Wonokerto.

Dengan diinisiasi oleh departemen Keagamaan HMJ TBIG, Pesantren Kilat ini dapat dikemas melalui berbagai kegiatan yang menarik dan edukatif. Adapun rangkaian kegiatannya yakni belajar baca tulis Al-Qur’an, bercerita kisah-kisah para Nabi, sejarah kebudayaan Islam, akhlakul karimah dan pada hari terakhir diadakan lomba-lomba seperti lomba adzan, kaligrafi, mewarnai, hafalan doa sehari-hari, serta hafalan surat pendek. Bagi anak-anak dengan hasil terbaik diberikan hadiah sebagai bentuk apresiasi untuk tetap mempertahankan dan meningkatkan kemampuan yang dimiliki. Motivasi juga diberikan oleh HMJ TBIG dan IPM kepada anak-anak yang tidak juara untuk tidak berkecil hati dan terus semangat melakukan yang terbaik.

Penyelengaraan pesantren kilat ini merupakan wujud pengabdian HMJ TBIG di masyarakat, sekaligus sebagai jalan untuk menebar kebaikan pada bulan yang penuh berkah ini. Melalui rangkaian kegiatan tersebut diharapkan dapat menumbuhkan kecintaan terhadap Al-Quran dan budaya Islam sejak dini serta sebagai sarana mengembangkan kemampuan anak. Selain itu, melalui pesantren kilat diharapkan anak-anak mendapatkan pemahaman keagamaan yang lebih mudah dicerna, dan dapat menanamkan sikap-sikap Islami dalam kehidupan sehari-hari.

No comments:

Post a Comment