Breaking

Wednesday, February 13, 2019

Esa of IAIN Pekalongan supported to environtmental contribution by following a tree planting project on campus



Bersamaan dengan dimulainya kegiatan pembelajaran semester genap di gedung baru FTIK IAIN Pekalongan, HMJ Tadris Bahasa Inggris berpartisipasi dalam kegiatan Green Campaign kampus untuk menciptakan kampus yang asri dan hijau. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh LP2M, selaku lembaga penelitian di IAIN Pekalongan, bekerja sama dengan UKM Gema Lawa, Syajarah Institut, dan HMJ Tadris Bahasa Inggris.

Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan pembelajaran berwawasan konservasi dan mewujudkan rasa cinta alam mahasiswa terhadap lingkungannya. HMJ Tadris Bahasa Inggris berpartisipasi dalam kegiatan ini dengan memberikan beberapa tanaman berkambium di dalam polybag yang di kumpulkan dari mahasiswa TBIG sendiri. Penanaman pohon dilakukan di lingkungan kampus IAIN Pekalongan Rowolaku, Kec. Kajen, Kab.Pekalongan Selasa Siang (12/02)


Dengan mengangkat tema “One Person, One Hole, One Tree” kegiatan ini di harapkan dapat mendukung penghijauan kampus IAIN Pekalongan yang masih minim pepohonan di sekitarnya. Selain itu, kegiatan biopori juga dilakukan agar tanah yang di jadikan media tanam ini menjadi subur dan kaya akan zat hara sehingga pertumbuhan tanaman menjadi lebih baik.


Ketua Jurusan Tadris Bahasa Inggris, Dewi Puspitasari, M.Pd. mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud visi IAIN Pekalongan dan peran mahasiswa dalam menjaga keseimbangan alam.


“adanya program biopori dan penanaman ini merupakan perwujudan dari visi IAIN Pekalongan mengenai Spirituality, dan Nationality yang mana kami dapat menerapkannya dengan kegiatan love nature ini jadi membantu pengijauan di Indonesia itu sendiri, disamping itu ini merupakan salah satu penerapan logic, yang mana kita sebagai manusia sudah sepatutnya menjaga keseimbangan ekosistem alam, bukan hanya mengeksploitasinya saja” tuturnya


Saifullah Rafid selaku Wakil Ketua HMJ TBIG, berharap dengan adanya kegiatan ini dapat memperbaiki ekosistem di lingkungan sekitar IAIN Pekalongan sehingga  menjadi asri dan tidak terlalu panas.


“kegiatan ini harapkan bisa memperbaiki ekosistem di sekitar kampus, karena tanahnya yang tandus sehingga terkesan panas banget, nah jika diberi pohon kan jadi adem”

Implementasi kegiatan ini beriringan dengan komitmen pengelolaan lahan tandus menjadi subur dengan biopori agar semakin sehat. Dan penghijauan lingkungan kampus sebagai wujud investasi dimasa mendatang (Red/Aulia)

No comments:

Post a Comment